Belajar Android Kenalan Dengan Firebase Android

Belajar android kali ini adalah Kenalan dengan firebase android, salah satu yang lagi trend di mata developer android adalah firebase, yah firebase memang istimewa dengan segala kelebihan yang dipunyai. Disini Google tampak tidak mau kalah dalam era dimana developer dalam membangun aplikasi tidak perlu lagi memikirkan infrastruktur backendnya.

Untuk mempelajarinya tidak sulit di web firebasenya sendiri sudah ada petunjuknya dan menurut saya cukup mudah untuk diikuti. Jika tertarik bisa ke link ini https://codelabs.developers.google.com/codelabs/firebase-android/#0

Tapi kalau masih kesulitan juga mengikuti petunjuknya. Saya coba buatkan versi bahasa indonesianya yang semoga dapat membantu kita dalam mengenal firebase karena berawal dari perkenalanlah rasa suka dan cinta itu akan datang (Disini saya hanya berusaha menterjemahkan kedalam bahasa indonesia dan menambahkan beberapa gambar screen shoot untuk lebih memperjelas). Mari kita mulai.

Pada project kali ini kita akan buat aplikasi Friendly Chat. Tenang saja kita sudah sedikan code labnya jadi dari code lab ini kita akan kembangkan dengan menggunakan fitur-fitur yang ada di firebase. Disini kita akan mengimplementasikan aplikasi chat client dan dapat digunakan untuk memonitor performance menggunakan firebase.

Apa yang akan kita pelajari.

1. Mengijinkan user untuk Sign in

2. Sync data dengan menggunakan Firebase Realtime Database

3. Menerima message secara background dengan Firebase Notifictions

4. Mengkonfigure config Aplikasi dengan menggunakan Firebase Remote Config

5. Track Flow penggunaan aplikasi dengan Firebase Analytics

6. Mengijinkan pengguna untuk mengirim undangan untuk menginstall dengan Firebase Invites

7. Menampilkan iklan dengan AdMob.

8. Menampilkan Laporan Kesalahan Aplikasi dengan Firebase Crash Reporting

9. Test Aplikasi mu dengan Firebase Test Lab.

Apa yang kita butuhkan.

1. Adroid studio version 2.0

2. sample code

3. A test device dengan Android 2.3 dan Google Play Services 9.0 atau versi yang lebih baru.

4. Kabel data.

Untuk mempersingkat artikel belajar android firebase di blog ini, maka bisa langsung melihat atau mendownload buku kenalan dengan android firebase yang merupakan terjemahan codelabnya firebase.

Salam Hangat Developer Android

Agus Haryanto

Pembicar Seminar IT, Android Developer dan Trainer

Referensi:

https://firebase.google.com/

5 comments to Belajar Android Kenalan Dengan Firebase Android

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>