About Me

Agus Haryanto,
Android Trainner,
GoogleMaps (JavaScript) Trainer
JQuery and JQuery Mobile Trainer
Java, Java Script and PHP Trainer
Freelance Developer Android
Freelance Developer Blackberry
Freelance Developer Web (GIS Googlemaps)
Freelance Developer SMS Gateway

jika ingin contact saya bisa emali ke agus.superwriter@gmail.com

ym: agus_h23

Pin BB : 2AD38B33

Facebook : Agus Haryanto


Article

Tutorial Android Play Sound di Android

Tutorial android kali ini akan membahasa Belajar Play Sound di android. Pada Android juga punya kelebihan dalam hal memainkan suara. Untuk memainkan suara diandroid sudah disediakan library yang namanya MediaPlayer dengan library ini kita dengan mudah memainkan sebuah file suara. Misalnya saja file mp3.

Kalau kita dapat menguasai cara memainkan suara di android, kita selangkah didepan untuk membuat aplikasi android yang didalamnya ada suaranya.

Dimarket banyak aplikasi yang menggunakan suara. Terutama untuk Aplikasi atau game untuk anak-anak. Misalnya aplikasi mengenal buah, mengenal huruf, mengenal  angka. Biasanya konsep kerjanya ada gambar dan apabila gambarnya kita sentuh akan mengeluarkan suara.

Pada kesempatan kali ini kita akan membuat aplikasi mengenal Suara Binatang. Agar tidak direpotkan dengan persiapan gambar. Kita gunakan button untuk memilih suara binatang yang akan kita mainkan.

Suara bianatang yang ada aplikasi ini adalah Bird (Burung), Frog (katak) dan Cat (Kucing). Untuk itu kita perlu menyiapkan file mp3 suara binatang tersebut. Untuk suara-suara bianatangnya bisa download di http://simplythebest.net/sounds/MP3/sound_effects_MP3/animals_mp3.html

Setelah semua siap mari kita melangkah bagian pemrogramannya.

1. Buka senjata kita untuk develop android yaitu eclipse, kemudian buat new project  dengan nama BelajarAudio

Pada saat project pertama kali dibuat ada 3 file penting yang langsung dibuat, yaitu

  • main.xml
  • string.xml
  • PlayAudio.java

2. edit file main.xml, isi dengan kode berikut

<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<LinearLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
	android:orientation="vertical" android:layout_width="fill_parent"
	android:layout_height="fill_parent">
	<TextView android:layout_width="fill_parent"
		android:layout_height="wrap_content" android:text="@string/hello" />
	<Button android:layout_width="fill_parent"
		android:layout_height="wrap_content" android:id="@+id/bird"
		android:text="Bird"></Button>
	<Button android:layout_width="fill_parent"
		android:layout_height="wrap_content" android:id="@+id/frog"
		android:text="Frog"></Button>
	<Button android:layout_width="fill_parent"
	android:layout_height="wrap_content" android:id="@+id/cat"
	android:text="Cat"></Button>

</LinearLayout>

Pada main.xml ini kita membuat 3 buah button yaitu bird, frog dan cat nantinya apabila button ini ditekan akan memainkan suara.

3. edit file string.xml, isi dengan kode berikut

<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<resources>
    <string name="hello">Press Button to Play Animal Sound!</string>
    <string name="app_name">BelajarAudio</string>
</resources>

4. pada directory res buat directory baru dengan nama raw
kemudian letakan file-file suara yang telah kita siapakan pada directory tersebut.

Disini terlihat kita sudah meletakkan 3 file suara yaitu bird.mp3 , cat.mp3 dan frogs.mp3

5. Sekarang kita ke otak dari apalikasi ini, edit file PlayAudio.java, isikan dengan kode berikut

package com.agus.audio;
import android.app.Activity;
import android.media.MediaPlayer;
import android.os.Bundle;
import android.view.KeyEvent;
import android.view.View;
import android.view.View.OnClickListener;
import android.widget.Button;
import android.widget.Toast;

public class PlayAudio extends Activity {

	private static final String isPlaying = "Media is Playing";

	private MediaPlayer player;
	private Button birdButton;
	private Button frogButton;
	private Button catButton;

	/** Called when the activity is first created. */
	@Override
	public void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
		super.onCreate(savedInstanceState);
		setContentView(R.layout.main);

		// Get the button from the view
		birdButton = (Button) this.findViewById(R.id.bird);
		birdButton.setOnClickListener(new OnClickListener() {

			@Override
			public void onClick(View arg0) {
				// TODO Auto-generated method stub
				playSound(1);

			}
        });
		frogButton = (Button) this.findViewById(R.id.frog);
		frogButton.setOnClickListener(new OnClickListener() {

			@Override
			public void onClick(View arg0) {
				// TODO Auto-generated method stub
				playSound(2);

			}
        });
		catButton = (Button) this.findViewById(R.id.cat);
		catButton.setOnClickListener(new OnClickListener() {

			@Override
			public void onClick(View arg0) {
				// TODO Auto-generated method stub
				playSound(3);

			}
        });

	}

	@Override
	public void onPause() {
		try{
		super.onPause();
		player.pause();
		}catch (Exception e){

		}
	}

	private void playSound(int arg){
		try{
			if (player.isPlaying()) {
				player.stop();
				player.release();
			}
		}catch(Exception e){
			Toast.makeText(this, " Masuk Exception", Toast.LENGTH_LONG).show();
		}
		if (arg == 1){

			Toast.makeText(this, isPlaying+" Bird", Toast.LENGTH_LONG).show();
			player = MediaPlayer.create(this, R.raw.bird);

		}else if (arg==2){
			Toast.makeText(this, isPlaying+" Frogs", Toast.LENGTH_LONG).show();
			player = MediaPlayer.create(this, R.raw.frogs);
		}else if (arg==3){
			Toast.makeText(this, isPlaying+" Cat", Toast.LENGTH_LONG).show();
			player = MediaPlayer.create(this, R.raw.cat);
		}
		player.setLooping(false); // Set looping
		player.start();
	}

}

Disini telihat kita menggunakan library MediaPlayer untuk memainkan suara.
Beberapa method dari MediaPlayer yang kita gunakan dalam aplikasi ini

Method Keterangan
create Untuk mendaftarkan file suara yang ingin dimainkan
start Untuk memulai memainkan file suara
stop Untuk menghentikan file suara
setLooping Menentukan apakah berulang atau tidak
pause Untuk mempause file suara yang sedang dimainkan
isPlaying Untuk mengetahui media player sedang memainkan file suara atu tidak

Bagian utama yang memainkan file suara ada pada method playSound yang akan dipanggil
ketika user menekan salah satu button, disini akan dicek butom mana yang ditekan sehingga
file suara yang dimainkan sesuai dengan button yang ditekan.
Coba perhatikan pada bagian awal method playSound

		try{
			if (player.isPlaying()) {
				player.stop();
				player.release();
			}
		}catch(Exception e){
			Toast.makeText(this, " Masuk Exception", Toast.LENGTH_LONG).show();
		}

Disini kita memasang sebuah penanganan exception. Karena kalau kita tidak buat penanganannya dapat menyebabkan error sehingga aplikasi akan “Force to Close”, yang masuk kedalam exception ini hanya pada saat pertama kali kita menekan salah satu button. Setelah itu tidak akan pernah masuk ke exception ini.

6. Sekarang mari kita jalankan programnya.

Terlihat 3 Buah button, tekan button Bird maka akan terdengar suara burung.

Tekan button Frog akan terdengar suara katak, tekan  button Cat akan terdengar suara kucing.

Nah mudahkan membuat aplikasi yang memainkan suara diandroid. Tapi jangan berpuas diri karena kalau aplikasinya hanya seperti ini kurang gregetnya. untuk itu cobalah buat yang menggunakan Gambar yang apabila Gambar diklik akan mengeluarkan suara. Jadi Anak-anak dapat lebih bisa menghafalnya.

Jika baru mulai belajar android dianjurkan untuk membaca tutorial

 Aplikasi Android Sederhana - Menghitung Luas Persegi Panjang

Semoga bermanfaat

Salam Hangat

Agus Haryanto

sumber:

http://developer.android.com

Share

90 comments to Tutorial Android Play Sound di Android

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Spam protection by WP Captcha-Free