About Me

Agus Haryanto,
Android Trainner,
GoogleMaps (JavaScript) Trainer
JQuery and JQuery Mobile Trainer
Java, Java Script and PHP Trainer
Freelance Developer Android
Freelance Developer Blackberry
Freelance Developer Web (GIS Googlemaps)
Freelance Developer SMS Gateway

jika ingin contact saya bisa emali ke agus.superwriter@gmail.com

ym: agus_h23

Pin BB : 2AD38B33

Facebook : Agus Haryanto


Article

Tutorial Blackberry Membuat Aplikasi Blackberry Sederhana

Tak terasa tahun 2011 telah berlalu, sekarang kita sudah masuk diawal tahun 2012, semoga ditahun baru ini kita lebih semangat mengejar impian kita. Di tahun baru ini saya juga akan menambah sesuat yang baru pada blog ini, yang selama ini selalu menyuguhkan tutorial pemrograman android, akan kita perkaya dengan tutorial pemrograman lainnya yang akan kita awali dengan tutorial pemrograman Blackberry.

Android sekarang memang sedang jadi primadona. Tetapi harus diakui Blackberry masih punya pasar yang cukup bagus ditanah air ini. Hal ini diperkuat dengan pengalaman ketika bertemu atau meeting dnegan client, kebanyakan mereka menggunakan Blakcberry.

Pada tutorial java saya pernah  menjelaskan bahwa dengan menguasai bahasa java kita bisa membuat aplikasi di android, blackberry, Symbian(Nokia). Untuk itu perkuatlah penguasaan bahasa pemrograman java

Tutorial Android saya pertama kali adalah membuat aplikasi sederhana menghitung luas persegipanjang yang ternyata mendapatan sambutan yang cukup baik dari pembaca. Dan pada  Tutorial Blackberry yang pertama ini juga saya akan membuat aplikasi sederhana menghitung luas persegipanjang.

Hal yang harus kita siapkan adalah install eclipse yang sudah ada plugin blackberrynya untuk installernya dapat didownload dari website resmi Blackberry, http://www.blackberry.com

Setelah selesai instalasi eclipse blackberrynya, masri kita mulai saja proses developmentnya.
1. Buat Project dengan nama PersegiPanjang, Klik File –> New –> Blackberry Project

Akan muncul jendela New Project

Klik Next

Klik Next

Pilih Blackberry Application, lalu klik Next

Klik Finish

2. Setelah langkash diatas diselesai maka pada jendela PackageExplorer

3. Buka File PersegiPanjang.java

package com.agus.bb.pspj;

import net.rim.device.api.ui.UiApplication;

/**
 * This class extends the UiApplication class, providing a
 * graphical user interface.
 */
public class PersegiPanjang extends UiApplication
{
    /**
     * Entry point for application
     * @param args Command line arguments (not used)
     */
    public static void main(String[] args)
    {
        // Create a new instance of the application and make the currently
        // running thread the application's event dispatch thread.
        PersegiPanjang theApp = new PersegiPanjang();
        theApp.enterEventDispatcher();
    }

    /**
     * Creates a new PersegiPanjang object
     */
    public PersegiPanjang()
    {
        // Push a screen onto the UI stack for rendering.
        pushScreen(new PersegiPanjangScreen());
    }
}

Pada saat Aplikasi dijalankan Class inilah yang akan dijalankan.

Disini dapat terlihat Screen yang  pertamakali ditampilkan adalah dari Class PersegiPanjangScreen
4. Untuk menambahkan komponen seperti Text Inputan dan Button, buka dan edit PersegiPanjangScreen.java

package com.agus.bb.pspj;

import net.rim.device.api.ui.Field;
import net.rim.device.api.ui.FieldChangeListener;
import net.rim.device.api.ui.component.BasicEditField;
import net.rim.device.api.ui.component.ButtonField;
import net.rim.device.api.ui.container.MainScreen;

/**
 * A class extending the MainScreen class, which provides default standard
 * behavior for BlackBerry GUI applications.
 */
public final class PersegiPanjangScreen extends MainScreen {
	/**
	 * Creates a new PersegiPanjangScreen object
	 */
	private BasicEditField befPanjang;
	private BasicEditField befLebar;
	private BasicEditField befLuas;

	public PersegiPanjangScreen() {
		// Set the displayed title of the screen
		setTitle("Aplikasi PersegiPanjang");
		//menambahkan inputan teks untuk panjang
		befPanjang = new BasicEditField("Panjang : ", "", 5,
				BasicEditField.EDITABLE);
		add(befPanjang);
		//menambahkan inputan teks untuk lebar
		befLebar = new BasicEditField("Lebar: ", "", 5, BasicEditField.EDITABLE | BasicEditField.FILTER_NUMERIC);
		add(befLebar);
		//menambahkan Button untuk Hitung Luas
		ButtonField btnHitung = new ButtonField("Hitung Luas",
				ButtonField.CONSUME_CLICK | ButtonField.FIELD_LEFT | BasicEditField.FILTER_NUMERIC);
		add(btnHitung);
		//menambahkan Listener untuk Button Hitung Luas
		btnHitung.setChangeListener(new FieldChangeListener() {
			public void fieldChanged(Field arg0, int arg1) {
				hitungLuas();
			}
		});
		//menambahkan inputan teks untuk luas, kita set readonly
		befLuas = new BasicEditField("Luas:", "", 100, BasicEditField.READONLY);
		add(befLuas);
	}

	private void hitungLuas() {
		int panjang = Integer.parseInt(befPanjang.getText());
		int lebar = Integer.parseInt(befLebar.getText());
		int luas = panjang * lebar;
		befLuas.setText(String.valueOf(luas));
	}
}

5. Sekaramg saatnya kita Run Aplikasiyang kita buat

Klik Icon Aplikasi PersegiPanjang

Alhamdulillah, Di awal tahun baru ini ilmu kita bertambah lagi, sekarang kita sudah dapat menyelesaikan membuat aplikasi Blackberry sederhana menghitung luas persegi panjang.

Semoga Bermanfaat,

Salam Hangat

Agus Haryanto

Info:

Khusus untuk pengguna Android yang ingin punya kalender 2012 lengkap dengan hari libur nasionalnya

bisa mendownload aplikasi Indonesia Calendar di Android Market

Dikalender ini kita juga bisa mengganti gambarnya dengan foto kita.

untuk caranya bisa lihat di

http://www.youtube.com/watch?v=Kw7m_bGHcRY

www.youtube.com/watch?v=Kw7m_bGHcRY
Share

21 comments to Tutorial Blackberry Membuat Aplikasi Blackebery Sederhana

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Spam protection by WP Captcha-Free