BB10 Believe Mudah Buat Aplikasi di BlackBerry 10

Jumpa lagi dengan Agus Haryanto, kali ini saya akan coba membahas sesuatu yang spesial dan lain dari biasanya yaitu tentang mudahnya buat aplikasi BlackBerry 10. Sebelum ke materi kenalan dulu yuk dengan si BlackBerry 10 ini. Dari namanya pasti kita akan tahu bahwa smartphone ini adalah produk dari BlackBerry. BlackBerry menaruh harapan besar pada BlackBerry 10 ini untuk dapat meraih kembali kejayaannya. Untuk tahu lebih jauh kehebatan BlackBerry 10 kita bisa search di google, atau bagi yang lebih suka nonton bisa search di Youtube dengan keyword “BlackBerry 10”.


Bagi para developer, pertanyaan pertama kali yang muncul adalah bagaimana cara buat aplikasinya ?. Untuk mengetahuinya bisa langsung berkunjung ke http://developer.blackberry.com dan temukan jawabanya. Harus diakui BlackBerry 10 ini ramahloh sama developer, mau tahu alasanya.

  1. Yang terbiasa dengan C bisa mengunakan Cascade.
  2. Yang terbiasa dengan HTML, CSS, JavaScript bisa mengunakan WebWorks
  3. Yang terbiasa dengan java, bisa develop aplikasinya di android lalu file APKnya dapat di porting ke file Bar (Caranya mudah).
  4. Yang terbiasa dengan Adobe Air, juga bisa berpatisipasi disini.

Kalau Java Andoid sudah sering dibahas diblog ini, kalau C dan Adobe Air harus diakui saya pribadi kurang mumpuni di keduanya. Akhirnya saya putuskan pada artikel ini yang akan kita angkat adalah Membuat Aplikasi di BlackBerry 10 dengan menggunakan HTML5 (WebWorks). Tak bisa dipungkiri di dunia ini kalau ditanya mana yang lebih banyak C developer atau Web Developer ? Sepertinya kita sepakat jawabanya adalah Web Developer.

Sebelum memulai develop aplikasi tentunya kita harus mempersiapkan software-software pendukungnya

  1. WebWorks SDK (http://developer.blackberry.com/html5/downloads/fetch/BB10-WebWorks-SDK_1.0.4.11.exe)
  2. BlackBerry 10 Dev Alpha Simulator (http://developer.blackberry.com/html5/downloads/fetch/BlackBerry10Simulator-Installer-BB10_1_X-338-Win-201302031817.exe)
  3. VM Ware Player (http://www.vmware.com/products/player/)
  4. Ripple (http://developer.blackberry.com/html5/downloads/fetch/ripple_ui.crx)
  5. Google Chrome
  6. XAMPP (Apache Web Server)
  7. SignKey untuk publish Aplikasi ke BlackBerry World (https://www.blackberry.com/SignedKeys/).



Setelah semua selesai terinstall dikomputer kita, maka proses development bisa dimulai. Sambil menunggu tulisan ini saya detailkan bisa lihat Video BB10 Believe tentang tutorial mudahnya buat aplikasi pada BlackBerry 10.

Semoga Bermanfaat dan Tetap Semangat

Agus Haryanto

Mobile Apllication Developer and Trainer.

Apabila artikel ini bermanfaat untuk anda, tolong di like facebook dan follow twiternya yah.

sumber:

http://developer.blackberry.com

2 comments to BB10 Believe Mudah Buat Aplikasi di BlackBerry 10

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>